cover
Contact Name
Muhammad `Ainul Yaqin
Contact Email
ayaqin28@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalalqodiri@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan
ISSN : 22524371     EISSN : 25988735     DOI : -
Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qodiri Jember. Jurnal ini memuat kajian-kajian pendidikan, Sosial dan Keagamaan. Terbit dua kali dalam setahun pada bulan April dan Agustus. Redaksi mengundang para akademisi, dosen, maupun peneliti untuk berkontribusi memasukkan artikel ilmiahnya yang belum pernah diterbitkan oleh jurnal lain. Naskah diketik dengan spasi 1,5 cm pada kertas ukuran A4 dengan panjang tulisan antara 20-25 halaman, 7000-9000 kata. Naskah yang masuk dievaluasi oleh dewan redaksi dan mitra bestari.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 18 No 2 (2020): Agustus" : 8 Documents clear
Hubungan Persepsi Siswa tentang Pembelajaran PAI dengan Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas X di SMA Sains Wahid Hasyim Yogyakarta Almahiroh, Rifqi
Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan Vol 18 No 2 (2020): Agustus
Publisher : Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Ilmiah (LP3M) Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/al qodiri.v18i2.3891

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah, terdapat masalah terkait dengan motivasi belajar PAI siswa di SMA Sains Wahid Hasyim yang menyebabkan proses pembelajaran menjadi kurang kondusif. Motivasi belajar PAI siswa SMA Sains Wahid tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah tentang presepsi tentang pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan motivasi belajar PAI dan tingkat persepsi siswa tentang pembelajaran PAI serta untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan persepsi siswa tentang pembelajaran PAI. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Sains Wahid Hasyim sejumlah 86 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Analisis yang digunakan analisis korelasi product moment dengan bantuan SPSS 23 for windows. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Tingkat motivasi belajar PAI siswa kelas X di kategorikan baik dengan jumlah mean sebesar 75,38 dan standart devisiasi sebesar 8,421. (2) Tingkat persepsi siswa tentang pembelajaran PAI siswa kelas X dikategorikan cukup baik dengan jumlah mean sebesar 64,92 dan standart devisiasi sebesar 10,748. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang pembelajaran PAI dengan motivasi belajar PAI siswa kelas X SMA Sains Wahid Hasyim. (rxy = 0,291, p (one-tailed)= 0,037 < 0,05). Keyword: Motivasi Belajar PAI, Persepsi Siswa tentang Pembelajaran PAI.
Pendidikan Agama Islam Berperspektif Ekologi Asroni, Ahmad
Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan Vol 18 No 2 (2020): Agustus
Publisher : Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Ilmiah (LP3M) Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/al qodiri.v18i2.3894

Abstract

Abstrak: Artikel ini mengkaji signifikansi Pendidikan Agama Islam berperspektif ekologi. Bangsa Indonesia dikenal sebagai negara yang religius. Namun sayangnya, prilaku sebagian besar penghuninya tidak religius. Salah satu indikatornya adalah kerusakan ekologi di negeri ini yang kian hari kian parah. Kerusakan ekologis ini menimbulkan sederet bencana alam. Ironisnya, sederet bencana alam yang acapkali menimpa bangsa Indonesia tidak menggugah kesadaran warga negaranya untuk segera memperlakukan alam dengan baik. Untuk menumbuhkan kesadaran ekologis masyarakat dapat dilakukan dengan mengimplementasikan Pendidikan Agama Islam berperspektif ekologi. Pendidikan Agama Islam berperspektif ekologi tidak harus diselenggarakan dengan membuat mata pelajaran atau mata kuliah tersendiri, namun dapat diselenggarakan secara integratif dengan mata pelajaran/kuliah Pendidikan Agama Islam. Dalam pengimplementasikannnya, ada beberapa elemen yang harus diperhatikan. Elemen-elemen tersebut di antaranya meliputi: kurikulum yang bermuatan ekologis, tersedianya pendidik yang memiliki pengetahuan dan kesadaran ekologis, sumber/materi pembelajaran yang berwawasan ekologis, metode dan media pembelajaran yang dapat menumbuhkan kesadaran ekologis, serta evaluasi pendidikan berbasis ekologi. Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, ekologi, lingkungan, bencana alam Abstract: This article describes the significance of Islamic Religious Education’s ecological perspective. The Indonesian is known as a religious country. Unfortunately, the behavior of most of its inhabitants is not religious. One indicator is the ecological damage in this country which is getting worse. This ecological damage caused a series of natural disasters. Ironically, a series of natural disasters that often afflict the Indonesian nation does not arouse the awareness of its citizens to immediately treat nature well. To foster ecological awareness of the community can be done by implementing an Islamic Religious Education’s ecological perspective. It does not have to be carried out by creating separate subjects or courses, but it can be carried out integrally with Islamic Religious Education subjects/courses. In it implementation, there are several elements that must be considered. These elements are: an ecologically charged curriculum, the availability of educators who have ecological awareness and knowledge, learning resources/materials with ecological insight, learning methods and media that can foster ecological awareness, and evaluation of ecological based education. Keywords: Islamic Religious Education, ecology, environment, natural disaster
Implementasi Metode Card Sort Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Mi Inayatur Rohman Curahnongko Tempurejo Jember Fitriya, Anita; Wiryanti, Wiryanti
Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan Vol 18 No 2 (2020): Agustus
Publisher : Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Ilmiah (LP3M) Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/al qodiri.v18i2.3895

Abstract

Metode Card Sort merupakan metode yang dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, karena Metode Card Sort selain tergolong pembelajaran aktif juga dapat membuat siswa senang, mudah mengingat dan memahami apa yang di sampaikan oleh guru yang berkaitan dengan materi yang di sampaikan. Dalam pembelajaran Metode Card Sort ini siswa di tuntut untuk ikut berperan aktif dalam materi yang di pelajari, sehingga tidak ada siswa yang bergurau, untuk memudahkan penerapan metode ini kelas di bagi menjadi beberapa kelompok. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana Perencanaan,Pelaksanaan dan evaluasi Pembelajaran Metode Card Sort dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MI Inayatur Rohman Curahnongko Tempurejo Jember. Adapun tujuan penelitian ini adalah: Mendeskripsikan Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Pembelajaran Metode Card Sort dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MI Inayatur Rohman Curahnongko Tempurejo Jember Pendekatan yang di gunakan adalah menggunakan pendekatan jenis kualitatif. Adapan penentuan informan menggunakan teknik pursposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dokumentasi. Metode analisis data menggunakan deskriptif Refleksi yaitu mendiskriptifkan data-data yang ada untuk menggambarkan realitas sesuai dengan fenomena sebenarnya, validadasi data menggunakan teknik Triangulasi sumber. Dari penelitian dan pengelolaan data yang di peroleh dapat di simpulkan bahwa Pembelajaran Metode Card Sort dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di MI Inayatur Rohman Curahnongko Tempurejo Jember terbilang cukup baik. Karena guru di MI Inayatur Rohman Curahnongko khususnya guru kelas sudah melakukan berbagai prosedur sebelum melaksanakan Metode Card Sort. Mulai dari Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, telah di laksanakan dengan baik, sesuai dengan prosedur yang telah di rencanakan sebelumnya. Selain itu Metode Card Sort ini bisa menjadi solusi dari keterbatasan media yang di miliki sekolah.
Pengaruh metode e-learning edmodo model Terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI (Studi Kasus di SMK Al-Qodiri Jember) Ansori, Muhamad
Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan Vol 18 No 2 (2020): Agustus
Publisher : Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Ilmiah (LP3M) Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/al qodiri.v18i2.3896

Abstract

Tenaga pendidik yang mamakai media dan metode pembelajaran yang sesuai akan bisa mempengaruhi terhadap hasil atau prestasi belajar siswa, untuk itu dalam memperoleh suasana pembelajaran yang efektiff, serta memikat rasa ingin tahu para siswa, untuk itu dibutuhkan berbagai macam metode dari guru yang bersifat kreatif dan inovatif dan juga mudah dimengerti oleh semua siswa, hal itu adalah dengan cara memakai sejumlah media dalam kegiatan pembelajaran. Adapun penelitian ini menggunakan media Edmodo yakni jaringan sosial (Social networking) yang berbasis pada lingkungan sekolah terlebih dilingkungan Pesantren, dimana beberapa komponen yang diharapkan dalam media tersebut ialah meningkatnya prestasi-hasil belajar para siswa dalam pembelajaran PAI di SMK Al-Qodiri Jember, dimana secara konkret menunjukkan nilai rendah, tidak lain penyebabnya adalah masih digunakannya media yang masih konvensional pada umumnya. Dalam penelitian kali ini peneliti bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui deskripsi tentang tanggapan siswa SMK kelas X (sepuluh) Multimedia dan Akuntansi terhadap sejauh mana efektifitas Implementasi e-learnning model edmodo ini pada kegiatan pembelajaran PAI siswa SMK Al-Qodiri Jember.
Government Efforts In Public Policy: Infographic And Distribution Of Covid 19 Susanti, Selfi Ami; Othman, Lie; Prihatin, Panca Setyo; Teguh, Prio
Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan Vol 18 No 2 (2020): Agustus
Publisher : Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Ilmiah (LP3M) Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/al qodiri.v18i2.3897

Abstract

Abstract coronavirus 19 (Covid-19) is a global threat to millions of people. Major efforts in knowledge production have been made in recent months, requiring comprehensive analysis to examine research gaps and to help guide the agenda for further study. The method used is quantitative analysis. This study aims to determine the comparison of Covid 19 data in the West Nusa Tenggara region. The results showed that the publication of data by the Task Force and the Government of West Nusa Tenggara was different. The impact of this finding is that data availability has an effect on public opinion about data evaluation. Keywords : Covid 19, Government, and Policy.
Penerapan Manajemen Kesiswaan Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Pada Peserta Didik Sman 1 Madapangga Di Kabupaten Bima Rahmansyah, Arif; Musdalifa, Musdalifa; Narro, Wahyuddin
Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan Vol 18 No 2 (2020): Agustus
Publisher : Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Ilmiah (LP3M) Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/al qodiri.v18i2.3904

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai “Penerapan Manajemen Kesiswaan dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang pada Peserta Didik SMAN 1 Madapangga di Kabupaten Bima” dengan fokus permasalahan : Pertama, Bagaimana penerapan manajemen kesiswaan dalam mengatasi perilaku menyimpang peserta didik SMAN 1 Madapangga. Kedua, Bagaimana upaya menanggulangi perilaku menyimpang peserta didik di Sekolah SMAN 1 Madapangga. Dan ketiga, Faktor apa saja yang menyebabkan perilaku menyimpang pada peserta didik SMAN 1 Madapangga. Penelitian ini adalah studi kasus dengan desaian kualitatif, yang berlokasi lokasi di sekolah SMAN 1 Madapangga Kabupaten Bima. Adapun yang membantu dan mengarah keilmuan yakni pendekatan kualitatif. Kemudian metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan manajemen kesiswaan dalam mengatasi perilaku menyimpang yang dilakukan oleh peserta didik. Adapun gambaran penelitian adalah pendidik/guru di sekolah untuk mengatasi perilaku menyimpang yaitu memberikan pengarahan atau nasehat, menanamkan akhlak budi pekerti kepada peserta didik dan menetapkan beberapa aturan sekolah berupa tata tertib sekolah. Implikasi dari penelitian ini adalah berbagai bentuk penerapan manajemen kesiswaan dalam mengatasi perilaku menyimpang sudah banyak dilakukan dengan cara-cara yang positif. Perlu meningkatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi dengan cara memberikan pengenalan dan pemahaman kepada peserta didik tentang pemanfaatan dan dampaknya serta dibekali dengan nilai-nilai ajaran Islam untuk menyaring setiap apa yang dilihat dan dialaminya demi masa depan mereka. Dilingkungan keluarga terutama orang tua, untuk selalu memberikan pembiasaan akhlak yang terpuji serta menanamkan kesadaran yang mandiri terhadap anaknya. Bagi seluruh lembaga pendidikan agar dalam setiap perkembangan anak harus diarahkan dengan baik sesuai dengan tujuan pendidikan serta memberikan akhlak terpuji dan suri teladan.
Tindakan Pengamanan Atas Impor Ubin Keramik Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 119 Tahun 2018 Siswanto, Ovina Viviani Bambang; Dewanto, Wisnu Aryo
Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan Vol 18 No 2 (2020): Agustus
Publisher : Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Ilmiah (LP3M) Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/al qodiri.v18i2.3905

Abstract

ABSTRAK Prinsip Most Favoured Nation (MFN) merupakan prinsip sentral dalam General Agreement on Tariffs and Trade (GATT 1994). Sebagai negara anggota WTO, Indonesia memiliki kewajiban untuk mematuhi ketentuan yang ada dalam GATT 1994. Pada tahun 2018, Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan bea masuk tindakan pengamanan berdasarkan hasil penyelidikan Komite Pengamanan Perdagangan Indonesia. Dalam hasil penyelidikan tersebut terbukti telah terjadi lonjakan impor dan ancaman kerugian serius terhadap industri dalam negeri. Penerapan kebijakan bea masuk tindakan pengamanan tidak sejalan dengan prinsip MFN namun GATT 1994 mengakui beberapa pengecualian terhadap prinsip MFN. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui apakah bea masuk tindakan pengamanan yang dikeluarkan oeh Pemerintah Indonesia konsisten dengan GATT 1994. Penelitian ini dilakukan dengan metode yuridis normatif berdasarkan peraturan-peraturan hukum, yaitu dengan meninjau Peraturan Menteri Keuangan Nomor 119 Tahun 2018 tentang Pengenaan Bea Masuk Tindakan Pengamanan Terhadap Impor Ubin Keramik dengan GATT 1994. Kata kunci: Tindakan Pengamanan; Most Favoured Nation; Kebijakan Pemerintah Indonesia
Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Pendidikan Karakter Anak Di Usia Dini Di Lembaga Tk Laboratorium Universitas Negeri Malang (Kasus Studi Banding Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember ke TK Laboratorium Universitas Negeri Malang) Hanisy, Asmad
Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan Vol 18 No 2 (2020): Agustus
Publisher : Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Ilmiah (LP3M) Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/al qodiri.v18i2.3906

Abstract

Abstrak Pendidikan merupakan proses pembelajaran dari sesuatu yang tidak tahu menjadi tahu. Sesuai dengan undang-undang 1945 mencerdaskan kehidupan Bangsa dan menertibkan perdamaian dunia. Kualitas tidaknya suatu lembaga pendidikan bergantung pada kepala sekolah sebagai leadher pendidikan. Kepala sekolah mempunyai peranan yang sangat urgent dalam memajukan lembaga yang dipimpinnya. Maka kepala sekolah bertugas sebagai conseling, pengawas dalam setiap apa yng terjadi di sekolah. Semua permasalahan yang terjadi di sekolah harus mendapatkan solusi yang tepat dari kepala sekolah. Termasuk pendidikan character anak di usia dini di TK Laboratorium Universitas Negeri Malang. Dimana sosok kepala sekolah dipilih secara demokratis dari jajaran dewan yayasan dan seluruh dewan guru dilibatkan bahkan Rektor juga dilibatkan dalam penentu kebijakan karena lembaga TK Laboratorium Universitas Negeri Malang berada dalam lingkup akademik. Misalnya dalam kepemimpinan yang mengalami 9 kali pergantian ini menampakkan sangat ketat persaingan untuk menduduki jabatan kepala sekolah di TK Lab UM , karena ketika kami interview dengan Bapak Mochtar selaku divisi pimpinan pusat sekaligus mewakili dewan yayasan menyampaikan bahwa “ Kepemimpinan dipilih secara demokratis namun bila ada kepala sekolah yang kurang pas dalam memimpin lembaganya maka bisa diganti dengan yang lain kerena menjaga yang lebih banyak itu lebih penting dari pada mempertahankan seseorang” sehingga ini yang menjadi kenapa terkait ledhership lembaga mengalami pergantian. Selain itu Dewan yayasan dan Rector juga ikut andil didalam menyaring, mengetes atau properties kandidak yang dipilih tentunya bukan karena titel dan kepangkatannya, lebih-lebih beliau mempunyai kompetensi atau tidak dalam memajukan lembaga yang akan dia pimpin. Selanjutnya terkait kesejahteraan atau HR dimana awalnya gaji dibawah UMR namun dengan berjalannya waktu dengan maju pesatnya lembaga maka sudah selayaknya para tenaga pendidikan mendapat upah sesuai UMR oleh sebab itu Rektor mengamini usulan Dewan yayasan dan Dewan guru TK Lab UM untuk menaikkan gaji seusia UMR yang mana InsyaAlllah akan di cairkan bulan januari 2020 ini merupakan angina segar bagi tenaga pendidik TK Laboratorium Universitas Negeri Malang. ( Mohtar dan Rahayu Asyahari, Malang, 28 Nopember 2019). Key Work : Pengaruh Kepemimpinan, Karakter Pendidikan Anak Usia Dini.

Page 1 of 1 | Total Record : 8